Sabtu, 28 Februari 2009

Persyaratan Pendaftaran SMUP UNPAD

Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang mendapat persetujuan Dirjen Dikti
2. Pas foto berwarna ukuran 3x4 cm sebanyak 3 lembar

Persyaratan Khusus

A. Program S1 Lulusan SMTA

1. Lulus SMTA (SMA, SMK, MA, Ujian Persamaan, dsb.)
2. Pada saat pendaftaran calon peserta wajib menyerahkan :
a. Satu lembar fotokopi Ijazah/STTB/Surat Kelulusan yang dilegalkan (untuk Angkatan 2008 dan sebelumnya). Untuk Angkatan 2009, menyerahkan 1 (satu) lembar fotokopi rapor semester terakhir yang dilegalkan. Jika peserta diterima di Universitas Padjadjaran, ybs wajib menyerahkan fotokopi ijazah/STTB/Surat kelulusan yang dilegalkan pada saat registrasi. Peserta yang tidak lulus UAN walaupun lulus SMUP, dinyatakan gugur sebagai calon mahasiswa Unpad.
b. Fotokopi Akte Kelahiran
Untuk Fakultas Ekonomi kelas berpengantar Bahasa Inggris skor TOEFL minimum 500 yang masih berlaku dalam 2 tahun terakhir

B. Program S1 dengan Tabungan Kredit Minimum 110 SKS

1. Telah mengikuti pendidikan awal yang sesuai dengan bidangnya dengan tabungan kredit minimum 110 SKS.
2. Berasal dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta yang terakreditasi setara dengan akreditasi program studi yang dipilih.
3. Memiliki IPK tidak kurang dari 2,75

C. Program Diploma 3

1. Lulus SMTA (SMA, SMK, MA, Ujian Persamaan, dsb.) untuk semua jurusan
2. Pada saat pendaftaran calon peserta wajib menyerahkan :
a. Satu lembar fotokopi Ijazah/STTB/Surat Kelulusan yang dilegalkan (untuk Angkatan 2008 dan sebelumnya). Untuk Angkatan 2009, menyerahkan 1 (satu) lembar fotokopi rapor semester terakhir yang dilegalkan. Jika peserta diterima di Universitas Padjadjaran, ybs wajib menyerahkan fotokopi ijazah/STTB/Surat kelulusan yang dilegalkan pada saat registrasi. Peserta yang tidak lulus UAN walaupun lulus SMUP, dinyatakan gugur sebagai calon mahasiswa Unpad.
b. Fotokopi Akte Kelahiran
3. Untuk Program Studi Bahasa, calon mahasiswa tidak gagap dan untuk Program Studi Usaha Perjalanan Wisata, calon mahasiswa tidak cacat fisik dan tidak gagap, dengan tinggi badan minimum 155 cm (perempuan), dan 160 cm (laki-laki)

D. Program Pascasarjana Magister(S2)

1. Satu lembar Fotokopi Ijazah dan Transkrip Akademik S-1 yang telah dilegalkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi asal dan yang berasal dari PTS terakreditasi juga dilegalisir oleh Kopertis Wilayah yang bersangkutan
2. Lulusan Program Sarjana dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan program studi yang dipilihnya, IPK sekurang-kurangnya : 2,75
3. Dua Surat Referensi/Rekomendasi dari Dosen di Strata-1 dan atau dari Pimpinan Instansi tempat bekerja. Surat Referensi/Rekomendasi ini dimasukkan dalam amplop tertutup
4. Satu karya ilmiah sebagai hasil tulisan dari calon peserta
Proposal penelitian untuk Tesis
5. Surat kesanggupan di atas materai untuk membayar biaya pendidikan dan biaya hidup selama pendidikan
6. Surat Keterangan sehat dari Dokter atau Rumah Sakit Pemerintah
7. Pas foto berwarna terbaru ukuran dua lembar ukuran 4 x 6 cm
8. Surat Keterangan tidak butawarna dari Dokter Spesialis Mata bagi yang memilih Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi, MIPA, Pertanian, Psikologi, Peternakan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Teknologi dan Industri Pertanian

Persyaratan Khusus : Ilmu Kedokteran Dasar (Sarjana bidang IPA yang ada muatan mata kuliah Biologi), Ilmu Hukum (Sarjana Hukum), Psikologi (ada muatan mata kuliah Psikolog), dan Ilmu Ekonomi (BKU Ilmu Akuntansi)

Keputusan penerimaan didasarkan syarat-syarat yang ditentukan (kelengkapan administrasi dan seleksi akademik) dan hasil rapat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran

Bagi pelamar yang mengajukan beasiswa BPPS, diwajibkan melengkapi persyaratan dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Formulir lamaran BPPS dapat diperoleh dari Perguruan Tinggi pengirim
Diberikan kepada dosen PTN/ PTS (Dosen PNS diperbantukan, Dosen Tetap Yayasan yang telah mempunyai NIP Yayasan serta telah memenuhi angka kredit jabatan akademik dosen minimal Asisten Ahli 100)

Formulir lamaran BPPS bagi pelamar dosen PTS harus diketahui/ disetujui oleh kopertis setempat
Diberikan kepada mahasiswa program reguler dengan batas usia pada waktu mendaftar maksimal 50 tahun
Pengumuman penerima BPPS, sesuai surat dari DIKTI
Untuk pelamar dosen, diwajibkan untuk melampirkan SK Pengangkatan sebagai Dosen PTN/ PTS. Khusus untuk dosen PTS diketahui/disetujui oleh kopertis setempat

E. Program Pascasarjana Doktor (S3)

1. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Akademik S-1 dan S-2 yang telah dilegalkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi asal dan yang berasal dari PTS terakreditasi juga dilegalisir oleh Kopertis Wilayah yang bersangkutan. Bagi Ijazah luar negeri harus sudah memperoleh penyesuaian dari DIKTI.
2. Lulusan Program Magister dengan IPK sekurang-kurangnya : 3,25 atau Lulusan Program Spesialis I dan Magister Profesi dengan IPK sekurang-kurangnya : 3,25 dan/atau persyaratan latar belakang pendidikan sesuai dengan Bidang Ilmu/Program Studi yang dipilihnya
3. Dua Surat Referensi/Rekomendasi dari Guru Besar/Dosen Senior atau dari Pimpinan Instansi tempat bekerja. Surat Referensi/Rekomendasi ini dimasukkan dalam amplop tertutup
4. Satu karya ilmiah sebagai hasil tulisan dari calon peserta
5. Proposal penelitian untuk Disertasi
6. Surat kesanggupan di atas materai untuk membayar biaya pendidikan dan biaya hidup selama pendidikan
7. Surat Keterangan sehat dari Dokter atau Rumah Sakit Pemerintah
8. Pas foto berwarna terbaru ukuran dua lembar ukuran 4 x 6 cm
9. Surat Keterangan tidak butawarna dari Dokter Spesialis Mata bagi yang memilih Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi, MIPA, Pertanian, Psikologi, Peternakan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Teknologi dan Industri Pertanian

Keputusan penerimaan didasarkan syarat-syarat yang ditentukan (kelengkapan administrasi dan seleksi akademik) dan hasil rapat Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran

Bagi pelamar yang mengajukan beasiswa BPPS, diwajibkan melengkapi persyaratan dengan ketentuan sebagai berikut :
1. Formulir lamaran BPPS dapat diperoleh dari Perguruan Tinggi pengirim
Diberikan kepada dosen PTN/ PTS (Dosen PNS diperbantukan, Dosen Tetap Yayasan yang telah mempunyai NIP Yayasan serta telah memenuhi angka kredit jabatan akademik dosen minimal Asisten Ahli 100)
2. Formulir lamaran BPPS bagi pelamar dosen PTS harus diketahui/ disetujui oleh kopertis setempat
3. Diberikan kepada mahasiswa program reguler dengan batas usia pada waktu mendaftar maksimal 50 tahun

Pengumuman penerima BPPS, sesuai surat dari DIKTI
Untuk pelamar dosen, diwajibkan untuk melampirkan SK Pengangkatan sebagai Dosen PTN/ PTS. Khusus untuk dosen PTS diketahui/disetujui oleh kopertis setempat

0 komentar: